Pages

Powered By Blogger

Tuesday, June 5, 2012

BERKAH DIBALIK KETUPAT



Idul Adha membawa berkah bagi setiap orang,mulai dari untung yang diperoleh para penjual hewan qurban dadakan,masyarakat yang mendapat jatah daging qurban dari masjid-masjid atau pedagang-pedagang arang,janur ketupat dan lain-lain. Begitu juga yang dirasakan oleh Waginah (54) yang memanfaatkan momentum Idul Adha 1432 Hijriah ini untuk membuka jasa pembuatan ketupat bagi tetangga-tetangga di sekitar tempat tinggalnya.

Bagi masyarakat yang tidak mempunyai banyak waktu untuk memasak ketupat sangat tepat rasanya jasa waginah ini, menurutnya memasak ketupat membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam. "orang yang punya uang ngga mau repot-repot bikin ketupat lama-lama,kebanyakan sih pada pesen,enak tinggal makan" tutur waginah yang menjual ketupatnya Rp 2.500 per ketupat dan mendapat untung Rp 1.000 per ketupat .

Memang pemesanan ketupat pada Idul Adha tidak seramai saat Idul Fitri.Dengan modal 10 liter beras untuk 100 ketupat,waginah menyatakan saat idul fitri pesanan bisa mencapai 200 ketupat namun idul adha sekarang ini hanya 50 pesanan yang ia peroleh. "Ya lumayanlah buat tambah-tambah penghasilan,tapi saya tidak mengandalkan penghasilan dari sini saja,saya biasanya juga terima jahitan" ujar wanita kelahiran jogjakarta ini yang sudah memiliki dua orang cucu.

Ia sudah menerima jasa pembuatan ketupat ini selama 2 tahun, belum pernah ada keluhan dari pelanggannya. Ia juga tidak melakukan promosi apa-apa hanya dari mulut ke mulut para pelanggannya yang puas akan hasil ketupat buatannya. Waginah menyatakan suka duka yang ia peroleh selama menerima jasa pembuatan ketupat, "ya sukanya kalau lagi banyak yang pesan jadi untungnya sesuai dengan capenya,ya dukanya cape itu, lama waktu pembuatannya 4 jam untuk 100 ketupat pakai dandang besar dan saya masaknya masih pake kayu bakar jadi panas". Cerita waginah saat dijumpai, minggu (6/11) lalu di kediamannya, kreo selatan, tangerang.

0 comments:

Post a Comment